Rumah Tapak atau Apartemen? Tips Membeli Hunian Bagi First Home Buyers

Rumah tapak dan apartemen masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Bagi first home buyers atau pembeli hunian pertama, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan membeli rumah atau apartemen.

Kelebihan rumah tapak yaitu pemilik rumah berhak atas kepemilikan bangunan dan juga tanahnya. Kepemilikan tersebut juga dapat menjadi aset yang bisa diwariskan turun temurun tanpa batas waktu. Sedangkan kepemilikan apartemen hanya berupa hak guna bangunan yang berlaku hanya 25-30 tahun. Akan tetapi apartemen memiliki kelebihan yaitu terletak di tengah kota dekat dengan pusat bisnis atau daerah perkantoran. Sementara rumah yang terletak di lokasi tersebut, harganya relatif lebih tinggi dibanding harga apartemen.

Bagi pembeli hunian pertama kali, disarankan membeli rumah tapak terlebih dahulu. Karena rumah tapak dapat menjadi aset bagi si pembeli di kemudian hari. Jika membeli rumah di pusat kota belum terjangkau secara finansial, tidak ada salahnya untuk membeli rumah yang lokasinya di sekitar pusat kota. Tetapi sebaiknya membeli rumah yang memiliki akses yang mudah dijangkau dan fasilitas transportasi yang memadai sehingga memudahkan mobilitas bekerja atau kegiatan lainnya.

Klik di bawah ini untuk bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email